-- - --

Sunday, November 22, 2009

Tertangkap, Penyebar Virus Paling Bahaya



Jakarta – Sepasang kekasih dicurigai sebagai penyebar beberapa virus internet paling agresif, berhasil ditangkap di Manchester Inggris, kata polisi.

Unit kejahatan elektronik Scotland Yard mengatakan seorang pria dan seorang wanita, keduanya 20 tahun ditangkap 3 November karena dicurigai membantu menyebarkan program Trojan komputer yang berbahaya dan kadang dikenal sebagai "Zbot" atau "Zeus."

Polisi mengatakan virus diperkirakan telah menginfeksi puluhan ribu komputer di seluruh dunia, dan salah satu konsultan teknologi menggambarkan sebagai "potongan malware yang paling terkenal belakangan ini."

"Ini adalah salah satu keluarga worm yang paling sering kita hadapi," kata Graham Cluley, konsultan teknologi perusahaan keamanan Inggris Sophos PLC. "Keganasannya benar-benar memukul radar kami."
Cluley mengatakan keluarga virus Zbot pertama kali menarik perhatian pada 2007. Sejak itu secara berkala menyapu internet, mencuri informasi pribadi dari komputer di seluruh dunia dan memasoknya ke penjahat cyber.

Virus yang umumnya dikenal sebagai Trojan karena menyelinap ke komputer dan menyerang dari dalam, memanen jutaan baris data termasuk informasi perbankan, nomor kartu kredit dan password jaringan sosial.
Virus menyebar dengan mengirimkan email atau pesan lain dari komputer yang terinfeksi, meniru bank, para pejabat pajak, perusahaan kartu kredit atau bahkan teman-teman dan memikat calon korban untuk mengklik pada link.

Polisi mengatakan mengingat jumlah informasi yang dicuri "potensi keuntungan finansial kepada pembuat dan kerugian yang diderita perorangan dan lembaga sangat besar."[ito]

0 komentar:

Post a Comment

---

---